Cara Memotong Kuku Bayi dengan Aman

Wednesday, May 15, 2013
Memotong Kuku Bayi
Cara Memotong Kuku Bayi dengan Aman - Kuku bayi harus dipotong secara berkala bila sudah terlihat tumbuh. Kuku yang panjang bisa menjadi tempat nyaman persembunyian kuman. Kuku bayi yang terlalu panjang juga berbahaya karena bisa melukainya secara tidak sengaja. Misalnya muka/tubuhnya tercakar oleh kukunya sendiri. Bisa juga patah dan menyebabkannya kesakitan..

Meski tampaknya kuku itu masih tipis dan rapuh, ternyata cukup membuat pipi bayi bergaris-garis merah seperti bekas tergaruk atau tercakar. Mau tak mau, sebaiknya mama memang belajar memotong kuku si bayi. 

Bagaimana caranya, simak Cara Memotong Kuku Bayi dengan Aman berikut ini:
  • Pilih peralatan manicure khusus bayi. Biasanya pemotong kuku bayi punya gagang yang lebih panjang sehingga memudahkan genggaman Anda. Anda bisa pula menggunakan gunting kuku khusus yang modelnya bisa Anda pilih sesuai selera, dan bisa Anda peroleh di toko-toko khusus perlengkapan bayi.
  • Pastikan pemotong kuku itu bersih sebelum dipakai. Bila perlu, sterilkan peralatan itu sebelumnya.
  • Potong kuku sesudah mandi. Seusai mandi biasanya bayi lebih tenang dan agak mengantuk sehingga kukunya juga lebih mudah dipotong. Anda juga bisa memotong kukunya saat ia ‘sibuk’ dengan sesuatu di tangannya yang lain, saat perhatiannya teralihkan, atau justru saat ia sedang tidur.
  • Genggam tangan mungilnya dengan baik agar tidak tiba-tiba bergeser dan terluka saat Anda memotong kukunya.
  • Jangan potong kukunya terlalu mepet, tapi juga jangan sisakan terlalu panjang, karena tetap saja ia jadi bisa ‘mencakar’ dirinya sendiri.
Karenanya cari waktu yang tepat untuk memotong kukunya, seperti sehabis mandi, dimana kuku-kukunya lebih lembut setelah terendam air beberapa waktu. Gunakan gunting/pemotong kuku khusus bayi. Potong secara perlahan, jangan tegang/panik karena ketegangan orangtua bisa menular pada bayinya.

Sebagian Bunda ada yang tidak berani memotong kuku bayi, lalu solusinya dipasangkan sarung tangan bayi supaya kukunya yang panjang tidak melukai. Penyelesaian seperti ini tentu kurang tepat, karena sarung tangan bayi sebenarnya berfungsi untuk memberikan kehangatan, bukan menutupi kuku yang panjang, sedang kuku yang panjang solusinya adalah dipotong. (Berbagai Sumber)


Cara Memotong Kuku Bayi dengan Aman Reviewed by NajlA On Wednesday, May 15, 2013, at 7:33 PM Rating: 5
Saat ini kamu sedang membaca artikel "Cara Memotong Kuku Bayi dengan Aman" by NajLa pada hari Wednesday, May 15, 2013 waktu 7:33 PM, dalam kategori , . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Cara Memotong Kuku Bayi dengan Aman ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Cara Memotong Kuku Bayi dengan Aman yang ada di blog pom-ponkini bisa bermanfaat bagi semuanya.

No comments: