Cara Menghitung Masa Subur Wanita Terbaru

Thursday, May 30, 2013

Masa subur wanita adalah siklus pada wanita ketika ovumnya matang dan siap dibuahi. Tetapi masa subur tersebut harus diimbangi dengan bagaimana cara untuk dapat meningkatkan kesuburan wanita. Dengan meningkatkan tingkat kesuburan, ini akan lebih mudah untuk dapat memperoleh keturunan. Maka pada masa subur kesempatan seorang perempuan untuk hamil lebih tinggi. Perlu diperhatikan oleh para wanita yang mendambakan kehamilan, masa hidup ovum hanya berlangsung selama 12-24 jam dalam sebulannya. Jadi pastikan cara menghitung masa kesuburan yang anda lakukan akurat adanya.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Terbaru - Menurut para dokter ahli kandungan dalam sebuah website meetdoctor, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui periode masa subur pada wanita. Sekarang ini beberapa wanita bisa saja membeli alat penguji kesuburan di supermarket. Sebenarnya ada cara praktis menghitung masa kesuburan yang mungkin sudah secara turun temurun diterapkan wanita-wanita, yaitu metode hitung kalender.

Metode Kalender Ogino-Knaus

Metode ini digunakan bagi perempuan yang siklus haidnya tidak menentu. Langkah-langkahnya adalah:

  • Catat data haid selama 6-12 bulan terakhir.
  • Kurangi 18 hari dari siklus haid tersingkat untuk menentukan awal masa suburnya.
  • Kurangi 18 hari dari siklus haid terpanjang untuk menentukan akhir masa subur.
  • Contoh : Setelah kita catat selama 6-12 bulan terakhir, ternyata siklus terpanjang adalah 31 hari dan siklus terpendek 26 hari.

  • Maka, 31 11 = 20. 26 18 = 8. Jadi, perkiraan masa subur berlangsung dari hari ke 8 sampai hari ke 20.

Jika siklusnya teratur, masa subur berlangsung 14+/- 1 hari haid berikutnya artinya siklus kesuburan akan berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Metode Kalender dengan Menghitung Masa Subur dan Prasubur
  • Masa subur = hari terakhir haid +13 hari
  • Masa pra subur = masa subur 3 dan masa subur + 3
  • Contoh : jika hari terakhir haid tanggal 10 maka tanggal masa subur adalah 23. Masa prasubur awal tanggal 20 dan masa prasubur akhir tanggal 26.


Metode Kalender Tabel
Ini merupakan metode atau cara paling mudah untuk dilakukan dengan melihat siklus menstruasi ibu.

Metode kalender tabel

Contoh :
  • Awal menstruasi bulan lalu: 1 Januari
  • Awal menstruasi bulan ini: 3 Februari
  • Siklus menstruasi: 33 hari
  • Ovulasi: 22 Februari (19 hari sejak awal menstruasi bulan ini)
  • Masa subur: 21-23 Februari (sehari sebelum hingga sehari setelah ovulasi)


Dengan mengetahui dan mengetahui Cara Menghitung Masa Subur Wanita Terbaru atau masa subur yang terjadi pada tubuh, diharapkan para wanita lebih menyadari kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari sebuah proses pembuahan, dan pada akhirnya akan lebih mudah dalam mempunyai keturunan. 


Cara Menghitung Masa Subur Wanita Terbaru Reviewed by NajlA On Thursday, May 30, 2013, at 8:44 PM Rating: 5
Saat ini kamu sedang membaca artikel "Cara Menghitung Masa Subur Wanita Terbaru" by NajLa pada hari Thursday, May 30, 2013 waktu 8:44 PM, dalam kategori . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Cara Menghitung Masa Subur Wanita Terbaru ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Cara Menghitung Masa Subur Wanita Terbaru yang ada di blog pom-ponkini bisa bermanfaat bagi semuanya.

No comments: