Cara Belajar Efektif Agar Berprestasi

Sunday, May 12, 2013

Cara Belajar Efektif Agar Berprestasi - Bagi anda para siswa dan siswi selayaknya mengetahui bagaimana dan cara belajar efektif agar berprestasi. Prestasi belajar yang dicapai oleh seseorang siswa merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang berasal dari dalam diri siswa maupun faktor yang berasal dari luar siswa. Salah satu faktor dari dalam diri siswa adalah minat belajar.

Minat dapat mendorong seseorang siswa untuk dapat belajar dengan baik. Siswa yang mempunyai minat belajar yang tinggi akan menghasilkan prestasi belajar yang tinggi pula. Dimana siswa memperlihatkan adanya rasa senang dan melalui mau belajar tanpa ada pengaruh dari siapapun. Karena mereka melakukan semua itu didasari atas niat yang suci dan ikhlas.

Berikut adalah Cara Belajar Efektif Agar Berprestasi:

1. Belajar Kelompok
2. Buat Rangkuman/Kesimpulan
3. Disiplin
4. Aktif Bertanya dan Ditanya
5. Istirahat yang Cukup

Dari Faktor tenaga pengajar sebagian besar guru telah memenuhi persyaratan menjadi tenaga pengajar, hanya ada sebagian kecil yang kurang memadai, sehingga siswa kadang merasa bosan dalam belajar. Dari Faktor siswa, mereka kurang rajin belajar, sehingga nilai mereka kurang memuaskan. Sedang dari factor sarana/fasilitas mengajar ada berbagai hambatan, antara lain kurangnya buku-buku dan terbatasnya alat-alat peraga yang tersedia.

Faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa :

Faktor Intern
Faktor intern yaitu faktor yang datang dalam individu itu sendiri. Faktor intern ini terdiri dari :
Faktor Jasmaniah
Faktor jasmaniah merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar dimana faktor tersebut berhubungan dengan jasmaniah atau kondisi badan siswa. Sehingga apabila kondisi badan siswa tergantung akan mempengaruhi hasil belajarnya. Olehnya itu, jasmani harus dijaga agar selalu dalam kondisi yang prima.
Faktor Psikologis
Faktor eksteren adalah merupakan salah satu faktor intern yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, Faktor psikologis ini berkenaan dengan kondisi kejiwaan siswa.
Faktor ekstern adalah faktor yang berasal dari luar individu yang dapat mempengaruhi prestasi belajar.

Nah, demikianlah Cara Belajar Efektif Agar Berprestasi dalam menghadapi ujian nasional (UN). Selamat belajar semoga anda suskses dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan!


Cara Belajar Efektif Agar Berprestasi Reviewed by NajlA On Sunday, May 12, 2013, at 11:02 AM Rating: 5
Saat ini kamu sedang membaca artikel "Cara Belajar Efektif Agar Berprestasi" by NajLa pada hari Sunday, May 12, 2013 waktu 11:02 AM, dalam kategori , . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Cara Belajar Efektif Agar Berprestasi ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Cara Belajar Efektif Agar Berprestasi yang ada di blog pom-ponkini bisa bermanfaat bagi semuanya.

No comments: