Foto Tol Bali di Atas Laut Saingan

Thursday, June 13, 2013
Foto Tol Bali di Atas Laut Saingan - Pembangunan tol atas laut pertama Indonesia di Bali sudah hampir selesai. Tol senilai Rp 2,4 triliun dan panjang 12,7 km ini mempunyai simpang susun yang berlokasi di atas laut Bali.

Biaya investasi jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa Rp 2,4 triliun ini tidak menggunakan biaya APBN. Jalan Tol Nusa Dua Bali murni dibiayai oleh dana perusahaan dan pinjaman korporasi dalam negeri tanpa sedikitpun memberatkan APBN.

 Foto Tol Bali
 Foto Tol Bali di Atas Laut
Foto Tol Bali di Atas Laut Saingan

Di Indonesia, bisa jadi ini jalan tol terpanjang di atas laut yang pernah dibangun, tapi bukan yang pertama di dunia.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan, pagi ini dirinya sudah menguji coba tol tersebut dan tinggal penyelesaian akhir atau finishing.

"Selesai Juli 2013 sesuai rencana itu akhir bulan sudah selesai. Tadi saya sudah melewati sekarang sudah nyambung. Jadi sudah bisa dilewati. Tapi belum bisa digunakan oleh publik, tunggu akhir Juli saja," tutur Dahlan usai menjadi pembicara pada pertemuan puncak Pemimpin Redaksi se-Indonesia 2013 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Kamis (13/6/2013).

Dikatakan Dahlan, tol atas laut Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa ini tinggal penyelesaian tiang listrik dan gerbang tolnya saja. "Yang lebih penting, nanti akan ada inspeksi oleh lembaga yang mengeluarkan sertifikasi bahwa jalan tol ini sudah layak dilalui oleh kendaraan secara umum. Kalau itu belum keluar, maka belum bisa," tutur Dahlan.

Nantinya, tol sepanjang 12,7 km ini akan diresmikan oleh Presiden SBY. Bahkan Dahlan juga sedang berpikir untuk memasukan tol ini ke dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Seperti diketahui, susunan kepemilikan proyek tol ini meliputi Jasa Marga sebesar 60%, PT Pelindo III sebesar 20%, PT Angkasa Pura I sebesar 10%, PT Wijaya Karya Tbk (Wika) sebesar 5%, PT Adhi Karya Tbk sebesar 2%, PT Hutama Karya Tbk sebesar 2%, dan PT Pengembangan Pariwisata Bali sebesar 1%. Tidak ada anggaran negara yang digunakan untuk proyek ini.

Sedangkan keikutsertaan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Badung dalam kepemilikan saham sedang dalam proses. Kami berharap skema sinergi BUMN dan Pemerintah Daerah ini dapat dilanjutkan untuk proyek-proyek infrastruktur komersial lainnya, sehingga tidak memberatkan APBN sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Tol atas laut ini rencananya dibuat untuk melayani jalur transportasi pertemuan KTT APEC pada Oktober 2013 nanti.

Sumber:detik.com


Foto Tol Bali di Atas Laut Saingan Reviewed by NajlA On Thursday, June 13, 2013, at 7:48 PM Rating: 5
Saat ini kamu sedang membaca artikel "Foto Tol Bali di Atas Laut Saingan" by NajLa pada hari Thursday, June 13, 2013 waktu 7:48 PM, dalam kategori . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Foto Tol Bali di Atas Laut Saingan ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Foto Tol Bali di Atas Laut Saingan yang ada di blog pom-ponkini bisa bermanfaat bagi semuanya.

No comments: