Cara Memakai Jarik

Wednesday, November 27, 2013
Cara Memakai Kain Jarik Wiron - Mungkin bagi sebagian besar orang jawa saat ini tidak banyak yang tahu bagaimana cara memakai jarik. Tidak seperti jaman dulu ketika orang2 baik perempuan maupun laki2 terbiasa memakai kain jarik baik di acara resmi maupun di keseharian mereka. Ketika browsing mencari materi tentang memakai kain jarik tuh sangat sulit atau bahkan tidak ada penjelasan yang signifikan. 

Untuk itu saya akan sedikit berbagi ilmu meski tidak bisa menjelaskan secara detail namun setidaknya dapat menambah pengetahuan tentang kebudayaan khususnya jawa dalam memakai kain jarik.

1. untuk wanita
kaki kanan di posisikan di depan kaki kiri (seperti orang melangkah), dimaksudkan agar setelah dili2t kain jarik masih bisa jalan dengan nyaman
kain jarik dili2tkan dari arah kiri
pertama kali di li2tkan, kain jarik yang disematkan harus ditarik agak banyak atau dilipat membentuk segitiga. Ini dimaksudkan agar ketika dili2tkan kain jarik bagian dalam tidak terlihat atau nglewer (bhs. Jawanya) dan tujuan lain agar nanti bentuk li2tan jarik bisa membentuk lekuk tubuh bagian bawah
wiru jatuh di tengah2 kaki
menutupi mata kaki
setelah selesai meli2tkan kain jarik baru diikat dengan tali kemudian lengkapi dengan stagen dll.



Cara Memakai Jarik Reviewed by NajlA On Wednesday, November 27, 2013, at 9:29 PM Rating: 5
Saat ini kamu sedang membaca artikel "Cara Memakai Jarik" by NajLa pada hari Wednesday, November 27, 2013 waktu 9:29 PM, dalam kategori . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Cara Memakai Jarik ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Cara Memakai Jarik yang ada di blog pom-ponkini bisa bermanfaat bagi semuanya.

No comments: